Jumat, 27 September 2019

Manhaj Ulama Dalam Menukil Hadits

Manhaj Ulama Dalam Menukil Hadits

oleh: Ahmad Abdurrahman al-Khaddami

Hadits merupakan periwayatan terkait perkataan, perbuatan, dan taqrir atau diamnya Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam. Sesuai makna “periwayatan”, yakni pemeliharaan dan penukilan (haml wa naql) maka pada faktanya para perawi hadits hanya terdiri atas para Sahabat, Tabi’in, dan Tabi’ Tabi’in. Hal ini dikarenakan pada setelah masa tabi’ tabi’in, proses penyampaian hadits yang bersandar pada tradisi lisan (periwayatan) mulai tergantikan oleh tradisi tulisan (kitab). Meskipun demikian, tidak ada larangan untuk meriwayatkan sebuah hadits setelah ketiga masa tersebut.

Oleh karena itu, menukil hadits sebagai dalil terkait hukum maupun fadhilah (istidlâl atau istisyhâd) berbeda dengan meriwayatkan hadits. Selain itu, perlu diketahui dalam meriwayatkan hadits, menurut jumhur Ulama dibolehkan periwayatan bil ma’na, dengan syarat - syarat tertentu. Jadi, menukil hadits berbeda dengan menukil al-Quran yang terikat dengan lafad - lafadnya, dikarenakan hadits - hadits Rasulullah merupakan wahyu pada maknanya saja, bukan lafadnya.

Yang mesti diperhatikan pula, penukilan hadits berdasarkan periwayatan secara lisan tetap lebih utama dibandingkan melalui tulisan, karena disertai sanad ilmu yang muttashil. Oleh karena itu, jika ditemukan ada perbedaan lafad hadits dalam sebuah karya yang dinisbahkan kepada ulama yang sama, maka penukilan ulama terdahulu lebih diutamakan karena terjaganya sanad mereka. Para Ulama terdahulu tidak bersandar pada tulisan yang “tercetak”, namun pada hafalan yang terjaga dari silsilah ilmu para syaikh.

Adapun berkaitan dengan pendalilan terhadap hukum maupun fadhilah, maka para Ulama bersikap lebih longgar, selama makna yang terdapat dalam lafad -lafad yang digunakan tidak berubah dari makna yang semestinya. Inilah yang ditempuh oleh para Ulama dalam berbagai generasi, semisal para Imam Syafi’iyyah: Syaikh al-Islam Abu Ishaq asy-Syairazi, Hujjah al-Islam Abu Hamid al-Ghazali, Abdul Karim ar-Rafi’i, Syaikh al-Islam Ibn Hajar al-‘Asqalani, bahkan para Fuqaha pada umumnya. Demikian pula yang ditempuh Syaikhuna al-‘Allamah Taqiyyuddin ibn Ibrahim an-Nabhani al-Azhari rahimahullah saat menukil hadits dalam salah satu karyanya, Nizhâm al-Islâm:

نَفَثَ روحُ القُدُسِ في رَوْعِي لَنْ تموتَ نَفْسٌ حتَّى تَسْتَوْفي رِزْقَهَا وَأَجَلَهَا ومَا قُدِّرَ لها

Syaikh ‘Izzuddin Hisyam ibn Abdul Karim al-Badrani al-Husaini, salah seorang Ulama Irak, menjelaskan dalam Tabshirah al-Afhâm:

جاء الحديثُ عن رسولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم بطرقٍ عديدة والفاظٍ متقاربة مختلفةٍ
“Hadits ini berasal dari Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam (diriwayatkan) melalui sejumlah jalan (sanad) dan lafad berbeda yang berdekatan (makna)”.

Kemudian beliau menyebutkan takhrij-nya, yakni:

1. Imam asy-Syafi’i dalam ar-Risalah dari Muthallib radhiyallahu ‘anhu
2. Imam ath-Thabrani dalam Mu’jam al-Kabir dari al-Hasan ibn Ali radhiyallahu ‘anhu dan dari Abu Umamah al-Bahili radhiyallahu ‘anhu
3. Imam al-Hakim dalam al-Mustadrak dari Abdullah ibn Mas’ud radhiyallahu ‘anhu dan dari Jabir ibn Abdullah radhiyallahu ‘anhu
4. Imam al-Bazzar dalam al-Musnad dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu

Selain yang disebutkan Syaikh Hisyam al-Badrani, ditemukan pula periwayatan semisal dari Imam Abu Nu’aim dalam Hilyah al-Auliya` dari Abu Umamah al-Bahili radhiyallahu ‘anhu.

Adapun rincian datanya sebagai berikut:
                                                                                                                                                                         
(الشافعي)
أخبرنا عبد العزيز عن عمرو بن أبي عمرو عن المطلب قال قال رسول الله  صلى الله عليه وسلم:
إن الروح الامين قد ألقي في روعي أنه لن تموت نفس حتى تستوفي رزقها فاجملوا في الطلب

(الطبراني في الكبير)
حدثنا أبو زيد الحوطي حدثنا أبو اليمان حدثنا عفير بن معدان عن سليم بن عامر عن أبي أمامة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:
نفث روح القدس في روعي أن نفسا لن تخرج من الدنيا حتى تستكمل أجلها وتستوعب رزقها فأجملوا في الطلب

(الطبراني في الكبير)
حدثنا أحمد بن النضر العسكري حدثنا أحمد بن النعمان الفراء المصيصي حدثنا عبد الرحمن بن عثمان الحاطبي عن أبيه عن عبد الله بن محمد الجهني عن عبد الله بن الحسن بن علي عن أبيه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
فأجملوا في الطلب فوالذي نفس أبي القاسم بيده إن أحدكم ليطلبه رزقه كما يطلبه أجله

(الحاكم)
أخبرنا أبو بكر بن إسحاق أنبأ أحمد بن إبراهيم بن ملحان حدثنا ابن أبي بكير حدثني الليث بن سعد عن خالد بن يزيد عن سعيد بن أبي هلال عن سعيد بن أبي أمية الثقفي عن يونس بن بكير عن ابن مسعود أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:
أن جبريل عليه السلام ألقى في روعي أن أحدا منكم لن يخرج من الدنيا حتى يستكمل رزقه فاتقوا الله أيها الناس وأجملوا في الطلب

(الحاكم)
حدثنا أبو عبد الله محمد بن يعقوب ثنا علي بن الحسن الهلالي ثنا عبد المجيد بن عبد العزيز بن أبي رواد عن أبيه ثنا ابن جريج عن أبي الزبير عن جابر بن عبد الله رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
أيها الناس إن أحدكم لن يموت حتى يستكمل رزقه فلا تستبطئوا الرزق واتقوا الله أيها الناس وأجملوا في الطلب

(البزار)
حدثنا إبراهيم بن هاني وعبد الله بن أبي ثمامة الأنصاري ومحمد بن عمر بن هياج قالوا أخبرنا قدامة بن زائدة بن قدامة قال حدثني أبي عن عاصم عن زر عن حذيفة رضي الله عنه قال النبي صلى الله عليه وسلم فدعا الناس:
هذا رسول رب العالمين جبريل نفث في روعي أنه لا تموت نفس حتى تستكمل رزقها وإن أبطأ عليها فاتقوا الله وأجملوا في الطلب

(أبو نعيم في الحلية) حدثنا إسحاق بن أحمد حدثنا إبراهيم بن يوسف حدثنا أحمد بن أبي الحواري حدثنا يحيى بن صالح الوحاظي حدثنا عفير بن معدان عن سليم بن عامر عن أبي أمامة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
إن روح القدس نفث في روعي أن نفساً لن تموت حتى تستكمل أجلها وتستوعب رزقها فأجملوا في الطلب

Dengan membandingkan berbagai periwayatan tersebut, dapat dipahamii bahwa apa yang dinukil oleh Syaikhuna Taqiyyuddin an-Nabhani sesuai deskripsi Syaikh Hisyam al-Badrani, kecuali adanya lafad “tambahan”,  yakni  ومَا قُدِّرَ لها .Namun, “tambahan” tersebut tidaklah merubah makna hadits secara keseluruhan, bahkan sesuai dengannya. Lebih daripada itu, Syaikhuna al-Qadhi Taqiyyuddin an-Nabhani tidak sedang meriwayatkan hadits, hanya sekedar menjelaskan pendalilan sebagian ulama terkait pemikiran al-Qadha wa al-Qadar. Hal demikian sudah biasa dilakukan para ulama sebelum beliau rahimahullâh.

Adapun data rincinya sebagai berikut:

1. Penukilan Imam asy-Syairazi asy-Syafi’i yang di-takhrij Imam an-Nawawi asy-Syafi’i dalam al-Majmu’

(وأما الصبى فلا يجب عليه لقوله صلى الله عليه وسلم " رفع القلم عن الصبي حتى يبلغ وعن النائم حتى يستيقظ وعن المجنون حتى يفيق " ولا يجب عليه القضاء إذا بلغ لان زمن الصغر يطول فلو أوجبنا القضاء شق فعفى عنه) 
(الشرح) هذا الحديث صحيح رواه عن النبي صلى الله عليه وسلم علي وعائشة رضى الله عنهما رواه أبو داود والنسائي في كتاب الحدود من سننهما من رواية علي باسناد صحيح وروياه هما وابن ماجه في كتاب الطلاق من رواية عائشة

Jika diperhatikan terdapat perbedaan lafad antara penukilan dengan asal periwayatan dalam Sunan Abi Daud, Sunan an-Nasa`i maupun Sunan Ibn Majah.
(أبو داود)
رفع القلم عن ثلاثة عن النائم حتى يستيقظ وعن المبتلى حتى يبرأ وعن الصبي حتى يكبر
أن القلم قد رفع عن ثلاثة عن المجنون حتى يبرأ وعن النائم حتى يستيقظ وعن الصبي حتى يعقل
رفع القلم عن ثلاثة عن الصبي حتى يبلغ وعن النائم حتى يستيقظ وعن المعتوه حتى يبرأ
رفع القلم عن ثلاثة عن النائم حتى يستيقظ وعن الصبي حتى يحتلم وعن المجنون حتى يعقل
رفع القلم عن ثلاثة عن المجنون المغلوب على عقله حتى يفيق وعن النائم حتى يستيقظ وعن الصبي حتى يحتلم

(النسائى)
رفع القلم عن ثلاث عن النائم حتى يستيقظ وعن الصغير حتى يكبر وعن المجنون حتى يعقل أو يفيق

(ابن ماجه)
رفع القلم عن ثلاثة عن النائم حتى يستيقظ وعن الصغير حتى يكبر وعن المجنون حتى يعقل أو يفيق قال أبو بكر في حديثه وعن المبتلى حتى يبرأ

2. Penukilan Imam al-Ghazali asy-Syafi’i yang di-takhrij Imam Zainuddin al-‘Iraqi asy-Syafi’i dalam Takhrij Ahadits al-Ihya`

حديث ليوم من سلطان عادل أفضل من عبادة سبعين سنة أخرجه الطبراني من حديث ابن عباس بسند حسن بلفظ ستين

(الطبراني في الكبير)
يوم من إمام عادل أفضل من عبادة ستين سنة

Dalam penukilan Imam al-Ghazali terdapat perbedaan lafad dengan asal periwayatan, namun Imam al-‘Iraqi tetap menyandarkan penukilan tersebut kepada Imam ath-Thabrani, meskipun terdapat perbedaan lafad “Sulthan” dengan “Imam” dan “Sab’in” dengan “Sittin”.

3. Penukilan Imam ar-Rafi’i asy-Syafi’i yang di-takhrij Imam Ibn Hajar asy-Syafi’i dalam at-Talkhish al-Habir

حديث: "المؤْمنُون عِندَ شُروطِهِمْ".
أبو داود والحاكم من حديث الوليد بن رباح، عن أبي هريرة وضعفه ابن حزم وعبد الحق وحسنه الترمذي ورواه الترمذي والحاكم من طريق كثير بن عبد الله بن عمرو عن أبيه عن جده وزاد: "إلَّا شَرْطًا حَرَّمَ حَلالًا أَوْ أَحَلَّ حَرامًا" وهو ضعيف والدارقطني والحاكم من حديث أنس ولفظه في الزيادة: "مَا وَافَقَ الْحَقَّ مِنْ ذَلِكَ" وإسناده واهٍ والدارقطني والحاكم من حديث عائشة وهو واهٍ أيضًا وقال ابن أبي شيبة حدثنا يحيى بن أبي زائدة عن عبد الملك هو ابن أبي سليمان عن عطاء عن النبي صلى الله عليه وسلم مرسلًا
تنبيه
الذي وقع في جميع الروايات: "المسلمون" بدل "المؤمنون"

Dalam penukilan Imam alr-Rafi’i terdapat perbedaan lafad dengan asal periwayatan, namun Imam Ibn Hajar tetap menyandarkan penukilan tersebut kepada kitab - kitab hadits yang mu’tabar, meskipun terdapat perbedaan lafad “al-Mu`minun” dengan “al-Muslimun”.

4. ¬Penukilan Imam Ibn Hajar asy-Syafi’i dalam Bulugh al-Maram

عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: رضا الله في رضا الوالدين وسخط الله في سخط الوالدين أخرجه الترمذي وصححه ابن حبان والحاكم

Jika diperhatikan terdapat perbedaan lafad antara yang dinukil Imam Ibn Hajar dengan asal periwayatannya, yakni lafad “al-Walidain” dengan “al-Walid”, sebagai berikut:

(الترمذي)
رضى الرب في رضى الوالد وسخط الرب في سخط الوالد

(ابن حبان)
رضاء الله في رضاء الوالد وسخط الله في سخط الوالد

(الحاكم)
رضا الرب في رضا الوالد وسخط الرب في سخط الوالد

Hal semisal juga kami temukan dalam penukilan para Fuqaha terkait hadits - hadits berikut:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنهما رُفِعَ عَنْ أُمَّتِي الْخَطَأُ وَالنِّسْيَانُ وَما اسْتُكْرِهُوا عَلَيهِ
رواه ابن ماجه وابن حبان والدَّارَقطني والحاكم وقال: صحيح على شرط الشيخين واللفظ للفقهاء واحتجوا به وروي عن ابن عمر وأبى ذر وأبى الدرداء وثوبان وعقبة بن عامر رضي الله عنهم نحوه

عَنْ جَابِرٍ رضي الله عنه خُذُوا عَنِّي مَنَاسِكَكُمْ
رواه مسلم وأبو عوانة وابو داود والنسائى وابن خزيمة واللفظ للفقهاء واحتجوا به وروي عن ابن عمرو رضي الله عنهما نحوه

Demikianlah, manhaj para Ulama dalam menukil hadits. Hal tersebut bukanlah bentuk “kelalaian” yang menyebabkan hilangnya maqam ilmiah seorang ulama, dikarenakan sudah hal yang ma’lum bahwa iltizam “ keterikatan” terhadap hadits -hadits Rasulullah shallallâhu ‘alahi wa sallam bukan pada berbagai lafad yang disampaikan para perawi namun pada wahyu yang terkandung dalam makna - maknanya. Apalagi jika berkaitan dengan periwayatan yang bersifat zhanni, yakni yang diriwayatkan dengan sanad yang terkategori Ahad, baik Masyhur, ‘Aziz, maupun Gharib.

Namun, perlu pula dipahami bahwa dimungkinkan para Ulama yang dianggap menyampaikan lafad yang berbeda dengan tulisan - tulisan yang sudah “dicetak” bersandar pada hafalan yang didapatkan dari lisan para Syaikh yang memiliki sanad yang muttashil ataupun pada naskah - naskah yang “belum dicetak”. Hal tersebut sudah ma’lum di kalangan para pengkaji warisan keilmuan Islam.  Hanya saja, bagi kalangan pencari ilmu, terutama bagi “para pemula” hendaknya bersandar pada lafad - lafad hadits yang sudah tercantum dalam tulisan yang telah ditahqiq kemudian “dicetak”, menjaga agar tidak ada “pengubahan” makna dari riwayat asalnya karena keterbatasan ilmu yang dimilikinya. Selain itu, hendaknya para pencari ilmu saat ini mengedepankan “berbaik sangka” kepada para Ulama yang mendahuluinya, terutama mereka yang telah membuktikan perjuangan dan khidmah-nya untuk Kemuliaan Islam dan kaum Muslimin. Wallahu A’lam.

Purwakarta, 27 Muharram 1441 H/ 27 September 2019 M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar